Tips Sepeda Motor - Cara Mengganti Oli Di Motor Anda

Tips Sepeda Motor – Cara Mengganti Oli Di Motor Anda

Ada sejumlah tugas perawatan rutin yang harus Anda lakukan pada sepeda motor Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Satu tugas khusus adalah mengganti oli. Berikut adalah beberapa tips atau petunjuk yang akan membantu Anda menyelesaikan tugas ini sendiri.

Anda harus menyadari bahwa mengganti oli di sepeda motor Anda secara teratur adalah langkah yang sangat penting. Salah satu dari banyak alasan mengapa ini penting adalah karena ia menyimpan pasokan oli baru di dalam mesin sepeda motor Anda yang akan membantu menjaga komponen bagian dalam mesin Anda terlumasi dan berfungsi dengan baik. Seiring waktu, oli akan mulai menebal dan rusak karena paparan panas mesin yang terus-menerus. Suplai oli akhirnya akan mengering dan mesin Anda bisa terkena keausan berbahaya jika pasokan itu tidak diisi ulang.

Jenis oli yang Anda gunakan sama pentingnya dengan berapa kali Anda menggantinya. Konsultasikan manual sepeda motor Anda untuk memastikan bahwa Anda memilih jenis oli yang tepat untuk sepeda Anda. Anda juga harus mengubah filter oli setiap kali mengganti oli. Filter baru akan memungkinkan aliran oli jauh lebih baik daripada filter lama, yang lebih baik untuk mesin Anda dalam jangka panjang.

Tips Sepeda Motor - Cara Mengganti Oli Di Motor Anda

Mengganti oli Anda tidak harus menjadi tugas yang sulit untuk dilakukan. Sebenarnya, itu sebenarnya salah satu tugas yang lebih mudah yang akan Anda selesaikan. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memiliki alat dan peralatan yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan. Satu peralatan khusus yang ingin Anda pastikan adalah dudukan sepeda motor. Ini akan membantu melepaskan sepeda dari tanah sehingga Anda memiliki cukup ruang untuk bekerja. Ini juga akan menjaga sepeda motor tetap tegak untuk memastikan bahwa semua oli lama dikeluarkan dari sepeda motor. Juga, pastikan Anda memiliki set ratchet dan soket, penghilang filter oli, wadah yang dapat Anda gunakan untuk menangkap oli saat mengeringkannya, dan mungkin beberapa kain lap atau penyerap sesuatu untuk membersihkan tumpahan oli yang mungkin terjadi.

Langkah pertama mengganti oli di sepeda motor Anda adalah melepas sekrup fairing untuk membebaskan fairing yang lebih rendah. Pastikan Anda mendapatkan semua sekrupnya. Satu hal yang perlu disebutkan pada titik ini sebelum Anda terlalu jauh ke dalam tugas. Jika Anda tidak yakin tentang langkah proses apa pun, pastikan untuk membaca manual pemilik Anda.

Setelah fairing Anda dilepas (jika dilengkapi), sekarang saatnya melepas colokan tiriskan oli. Temukan dan pilih soket yang tepat untuk pekerjaan itu. Longgarkan steker dan siapkan wadah penyimpanan agar oli mengalir ke dalamnya. Pastikan Anda menyelesaikan langkah ini jika tidak, Anda akan memiliki kekacauan besar di tangan Anda, dan di tempat lain! Biarkan oli mengalir hingga tidak ada lagi oli yang menetes dari sepeda motor.

Setelah semua oli terkuras, lepaskan filter oli lama dan siapkan filter baru untuk pemasangan. Tempatkan lapisan tipis oli di sekitar tepi ring filter. Ini akan membantu menjaga seal terlumasi dengan baik dan akan menghilangkan kebocoran karena kekeringan dan keretakan seal filter.

Dengan filter baru di tempatnya, ganti colokan tiriskan oli dan lepaskan wadah oli yang Anda gunakan untuk menyimpan oli lama. Saat Anda memiliki filter dan sumbat tiriskan dengan aman, isi kembali sepeda motor dengan oli motor terbaik baru sesuai dengan batas pengisian yang diidentifikasi dalam manual pemilik. Periksa sepeda untuk setiap kebocoran setelah Anda mengisinya sepenuhnya. Jika tidak ada kebocoran, maka Anda sudah selesai dan Anda akan berhasil mengganti oli di sepeda motor Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*